Home » » Taufiq Kiemas meninggal Dunia

Taufiq Kiemas meninggal Dunia

Written By suhar on Sabtu, 08 Juni 2013 | 20:03


 

Taufiq Kiemas meninggal Dunia-Biografi Taufiq Kiemas, satu lagi tokoh nasional indonesia meninggal dunia Indonesia kehilangan tokoh politik handal dialah Bp Taufiq Kiemas. Taufiq kiemas lahir dari pasangan Tjik Agus Kiemas dan Hamzathoen Roesyda. Ayahnya berasal dari Sumatera Selatan, sedangkan ibunya seorang Minangkabau. Ia merupakan penghulu kaum keluarga ibunya di Kanagarian Sabu, Batipuh Ateh, Tanah Datar, Sumatera Barat, dengan gelar Datuk Basa Batuah.
Taufiq Kiemas memulai karier politiknya ketika dibangku mahasiswa dengan bergabung sebagai anggota GMNI. Kemudian ia bergabung dengan Partai Demokrasi Indonesia dan terpilih sebagai anggota DPR/MPR-RI pada tahun 1992. Selama masa Orde Baru, karier politiknya banyak dikebiri oleh pihak penguasa. Kariernya mulai cemerlang, ketika rezim Soeharto tumbang. Pada Pemilu 1999, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) keluar sebagai pemenang. Kemenangan ini mengantarkan istrinya menjadi Wakil Presiden dan kemudian Presiden Indonesia kelima.

Biodata Taufik Kiemas
  • Nama Lengkap : Taufik Kiemas
  • Agama : Islam
  • Tempat Lahir : Jakarta
  • Tanggal Lahir : Kamis, 31 Desember 1942
  • Anak : Puan Maharani
  • Istri : Megawati Soekarnoputri
  • Pendidikan: Sarjana Muda Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya Palembang, 1966, SMA Negeri 2 Palembang
  • Pekerjaan: Ketua MPR 2009-2014, Anggota DPR periode 1987-1992, 2004-2009 dan 2009–2014
  • Kini sebagai salah satu tokoh penting di partai, ia menjabat sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Pusat (Deperpu). Ia kembali terpilih menjadi anggota DPR periode 2009–2014 dari PDI-Perjuangan untuk Daerah Pemilihan Jawa Barat II.
  •  Ia meninggal pada tanggal 8 Juni 2013 di Singapore General Hospital, Singapura.

Sebagai politikus terkemuka, banyak penulis yang mengulas karier politik Taufiq Kiemas, diantaranya ialah karya Derek Manangka yang berjudul Jurus Dan Manuver Politik Taufiq Kiemas : Memang Lidah Tak Bertulang yang terbit pada tahun 2009.

Seperti diberitakan sebelumnya, Ketua MPR Taufiq Kiemas, sedang dirawat di sebuah rumah sakit yang berada di Singapura. Kesehatannya menurun usai menghadiri peringatan Hari Pancasila pada 1 Juni 2013 di Ende, Nusa Tenggara Timur. 


Politikus Indonesia yang pernah menduduki posisi sebagai Bapak Negara RI ke-5 ini sempat menjadi anggota DPR RI selama dua periode berturut-turut dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan untuk daerah pemilihan Jawa Barat II, yaitu untuk masa bakti 1999-2004 dan 2004-2005.


Taufiq aktif berorganisasi di bawah bendera Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang didirikan istrinya, Megawati. Saat ini,politisi yang juga pernah menjabat Dewan Kehormatan Pengurus Pusat Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (PP PA GMNI) ini menjabat sebagai Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia ke-12 untuk masa bakti tahun 2009 hingga 2014. Jabatan ini diemban Taufiq merangkap sebagai Ketua Dewan Pertimbangan DPP PDI-P.

Tepat bersamaan dengan ulang tahun ke-70, Taufiq Kiemas meluncurkan biografinya yang berjudul Gelora Kebangsaan Tak Kunjung Padam. Buku setebal 471 halaman itu berisi perjalanan hidup Taufiq Kiemas sejak kecil, besar di Yogyakarta, dan mulai masuk di kancah politik nasional, hingga menjadi ketua MPR

Pada 17 Desember 2011, Ia menjalani operasi pergantian baterai alat pemacu jantung di Rumah sakit Harapan Kita,

Ketua DPD PDIP Jabar, TB Hasanuddin membenarkan kabar meninggalnya Ketua MPR Taufiq Kiemas. Suami dari Megawati Soekarnoputri itu menghembuskan nafasnya yang terakhir pukul 18.00 WIB di Singapura. diperkirakan tiba di bandara halim perdana kusuma pada pukul 09.30  WIB.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat, semoga amal dan ibadahnya diterma oleh Allah SWT dan keluarga yang ditinngalkan diberikan ketabahan.

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2012. Info Terbaru 2021 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger